SOLO – Bakal Calon Gubernur Jawah Tengah, Ganjar Pranowo, mengklaim memeroleh dukungan dari 102 kepala desa yang tersebar di 29 dari 37 kabupaten/kota di provinsi itu. Dukungan tersebut telah dideklarasikan di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS), Semarang.

Ganjar menjelaskan, mereka yang memutuskan memberi dukungan sudah menjalani empat kali penyaringan. Pasalnya, politikus PDI Perjuangan itu ingin mengajak pendukung yang benar-benar solid untuk pemanangan dirinya dan Heru Sujatmoko sebagai calon wakil gubernur.

“Jadi mereka yang itu (ragu) mau mendukung saya, saya bilang nanti dulu, saya mau temen-temen yang rasional. Kami melakukan seleksi cukup panjang karena ada yang mendukung saya dan sudah oke tiba-tiba pindah,” jelas Ganjar dalam surat elektronik kepada Okezone, Rabu (27/3/2013).

Bahkan, Ganjar meminta agar para pendukung yang tergabung dalam relawan Garuda Jateng Satu, untuk keluar bila masih ragu dalam memberi dukungan. “Kalau ada yang tidak ingin mendukung saya, silahkan keluar sekarang,” paparnya.

Ganjar berjanji, bila terpilih sebagai Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2018 akan turut melibatkan perangkat desa dalam pembahasan RAPBD di Jateng melalui UU Desa. Menurutnya, yang mengetahui persoalan di desa, perangkat desa itu sendiri.

“Perangkat desa dan kepala desa itu tidak ada yang dilibatkan hingga hari ini. Musrenbangdes itu omong kosong. Desa sudah menyusun baik-baik, nanti di kecamatan bergeser terus sampai kabupaten hilang. Maka saya usulkan di UU Desa agar ada jaminan. Mereka butuh kepastian,” imbuh pria yang juga duduk di kursi DPR tersebut.

Sumber: http://m.okezone.com/read/2013/03/27/511/782251