TEMPO.CO, Semarang – Calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus melakukan safari politik mendekati calon pemilih. Selasa, 9 April 2013, politikus PDIP ini menyambangi buruh di Kawasan Industri Candi di Jalan Gatot Subroto, Kota Semarang.

Selain menemui buruh, dirinya mengaku telah mendekati kelompok petani dan profesi lain di sejumlah daerah di Jawa Tengah. “Sebelumnya saya juga menemui petani tembakau yang sedang bermasalah dengan pabrik dan petani bawang di Brebes,” ujar Ganjar di sela kunjungannya di Kawasan Industri Candi.

Ia menyatakan pertemuan dengan buruh itu untuk melakukan sosialisasi ke salah satu kelompok pekerja di Kota Semarang sekaligus melihat langsung hubungan buruh dengan pengusaha. “Apa lagi saat ini isu perburuhan di Kota Semarang terus muncul,” ujar Ganjar, menambahkan.

Dalam pertemuan itu, Ganjar ingin memperkenalkan kepada masyarakat mengenai agenda pemilihan umum. Ia tak menyangkal pertemuan dengan kelompok masyarakat di daerah ini untuk menaikkan elektabilitasnya sebagai satu bakal calon gubernur.

Menurut dia, pertemuan dengan sejumlah kelompok masyarakat itu dilakukan karena minimnya program sosialisasi pemilihan Gubernur Jawa Tengah oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah Jawa Tengah. Hal ini ia buktikan saat bertemu dengan nelayan di Kabupaten Kendal, yang ternyata belum tahu agenda pemilihan gubernur yang akan digelar pada 26 Mei mendatang.

Sebelumnya, fungsionaris PDIP Jawa Tengah Rukma Setiabudi menyatakan pihaknya yakin bisa memenangkan pasangan Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko dalam pemilihan Gubernur Jawa Tengah. Keyakinan ini terkait dengan kekuatan PDIP, yang punya 17 Kepala Daerah dan 24 ketua legislatif di sejumlah daerah di Jawa Tengah. “Itu modal kami, belum lagi ada 243 anggota fraksi PDIP di daerah dan 23 di DPRD Jawa Tengah,” ujar Rukma Setiabudi, Senin, 8 April 2013.

Sumber: http://m.tempo.co/read/news/2013/04/09/058472285/Ganjar-Pranowo-Dekati-Buruh-dan-Petani