Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri membantah telah bersikap pilih kasih dalam memberikan rekomendasi dalam Pilgub Jateng 2013. Terpilihnya pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko, kata dia, melalui pertimbangan yang matang.

“Saya tidak asal pilih atau pilih kasih. Kenapa yang saya pilih bukan Pak Bibit atau Bu Rustri. Pemilihan Pak Ganjar ini sudah melalui pemantauan terus menerus dan panjang. Kita pilih mereka dengan alasan agar langgeng, sampai lima tahun,” ujar Megawati.

Hal itu dikatakan Megawati saat memberikan pidato dalam deklarasi Ganjar-Heru, di Stadion Manahan, Solo, Minggu (14/4).

Megawati menegaskan dirinya hanya menghendaki kader yang setia pada partai dan berbakti pada rakyat.

“Pak Bibit sudah meloncat ke partai lain. Sebagai kader partai seharusnya bisa menerima konsekuensi logisnya. Seharusnya mereka bisa introspeksi, kenapa tidak terpilih,” katanya.

Megawati juga menampik anggapan, jika dalam memilih cagub maupun caleg, dia tidak mendengarkan aspirasi dari bawah.

“Saya selalu mendengarkan aspirasi dari bawah. Kita lihat calon-calon yang dipilih itu selama ini berkontribusi apa. Minta namanya ditaruh di bagian kaki atau ditaruh di bawah,”lanjutnya.

Pantauan merdeka.com, dalam deklarasi tersebut, selain dihadiri puluhan ribu kader, tampak juga Ketua DPP Puan Maharani, Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo, Gubernur DKI Joko Widodo, beberapa fungsionaris DPP, dan 17 kader PDIP pimpinan kabupaten/kota.

Sumber: http://m.merdeka.com/politik/megawati-ganjar-heru-kader-terbaik-bukan-pilih-kasih.html