Salah satu persoalan dijawa tengah adalah kemiskinan. Karakter kemiskinan dijawa tengah dari segi profesi adalah petani, nelayan dan usaha kecil, dari segi geografis lokasinya didesa.

Oleh karena itu perlu dikembangkan investasi untuk memajukan dunia usaha di Jawa Tengah sehingga persoalan kemiskinan dan pengangguran bisa teratasi.

Hal itu diungkapkan cagub Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Bussines Sharing ‘Mengenal lebih dekat Visi dan Misi Cagub Cawagub Jawa Tengah’ yang diadakan oleh Kadin Jawa Tengah, di Gedung Java Design Centre (JDC) Lt. 4 Jalan Imam Bonjol Semarang, selasa (16/4).

”Pada saat saya bertemu mereka (warga miskin) maka saya baru mulai ’klik’, bahwa dunia Usaha harus dilibatkan. agar Usaha kecil bisa mendapatkan akses modal dan mendapatkan proteksi dari hasil produksinya. Bagaimana mungkin para petani di Boyolali itu tidak sanggup mencabut wortelnya karena harga wortel lebih rendah daripada biaya untuk buruhnya,” ungkap Ganjar.

Untuk mewujudkan semua itu, lanjut Ganjar, harus melibatkan semua pihak untuk saling bersinergi dan duduk bersama.

”Mimpi saya bapak ibu, jika saat Quick Count tanggal 26 Mei nanti saya menang, saya ingin bertemu bapak ibu kembali untuk merencanakan lima tahun kedepan,” katanya.

Semetara itu ketua Kadin Jawa Tengah Kukrit Suryo Wicaksono dalam sambutannya mengatakan, ketika kita berbicara masalah ekonomi pasti erat kaitannya dengan dunia Usaha. Oleh karena itu kukrit berharap siapapun Gubernur yang terpilih nanti adalah gubernur yang bisa diajak berkomunikasi.

”Kalau saya ditanya sebagai ketua Kadin Jawa Tengah, Gubernur Jawa Tengah ke depan seperti apa, jawaban saya singkat dan ‘nggak’ susah, harapannya adalah Gubernur yang enak dan gampang diajak komunikasi. Karena perubahan yang kita hadapi didunia usaha ini bukan lagi setiap minggu, tetapi hitungannya sudah setiap hari,” ungkap Kukrit.

Seperti diketahui, Business Sharing ini merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh Kadin Jateng. Memilih menghadirkan cagub dan cawagub Jateng ini agar nantinya para pengusaha menjadi tahu dan lebih dekat dengan visi dan misi calon tersebut, dalam rangka membangun perekonomian di Jawa Tengah.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/pilkada/2013/04/17/153274/-Atasi-Kemiskinan-Harus-Libatkan-Dunia-Usaha