Cagub PDIP, Ganjar Pranowo berjanji akan memimpin sendiri penertiban atribut kampanye Ganjar-Heru yang dinilai melanggar peraturan. Termasuk memantau pembersihan seluruh atribut dirinya yang tersebar di beberapa daerah.

Pernyataan itu dikemukakan Ganjar, saat menghadiri dialog Lesungan, dengan warga Sukoharjo di Bale Padi, Surakarta, Jawa Tengah.

“Saya akan pimpin sendiri penertiban Baliho, poster dan alat atribut lainnya yang melanggar aturan. Tapi tentu tidak semua. Mungkin akan saya mulai dari Semarang, Kendal, Brebes, terus ke Tegal. Rasanya tidak mungkin kalau saya harus memantau sendiri di 35 kabupaten,” tutur Ganjar , Rabu (24/4).

Menurut Ganjar, dalam waktu dekat pihaknya akan membuat satu gerakan bersama para kader dan relawan untuk menertibkan atribut. Tak hanya itu, dia menyebut banyak yang belum mengetahui peraturan yang dikeluarkan oleh KPU perihal pemasangan atribut.

“Makanya kita akan bantu mensosialisasikan peraturan KPU tersebut. Tapi yang sudah terlanjur akan kita cabut. Terutama atribut yang dipaku di pohon. Nanti kita ganti dengan kawat atau tali lainnya. Enggak enak rasanya kalau harus dicabuti oleh KPU,” katanya.

Menurut Ganjar KPU seharusnya lebih pro aktif untuk melakukan sosialisasi tentang peraturan pemasangan atribut kampanye. Ganjar mengatakan banyak warga masyarakat yang belum tahu tentang hal itu.

“KPU yang seharusnya bertanggung jawab. Tapi kita akan bantu sosialisasi, di jalur-jalur yang kita lalui. Bagaimana pemasangan atribut yang benar,” pungkasnya.

Sumber: http://m.merdeka.com/politik/tak-mau-repotkan-kpu-ganjar-bakal-cabuti-atribut-kampanye.html