MAGELANG – Calon gubernur yang diusung PDI Perjuangan Ganjar Pranowo semakin intensif mendekati warga NU. Ganjar berharap nahdliyyin yang merupakan mayoritas di Jawa Tengah menjadi pendukungnya dalam pilgub yang digelar 26 Mei. Hal itu disampaikan Ganjar usai berdialog dengan PCNU Kabupaten Magelang, badan otonom NU, dan puluhan kiai kampung, Minggu (21/4).

Sebelumnya, cagub nomor urut 3 itu menggelar jalan sehat di Kota Magelang, dilanjutkan mujahadah bersama ribuan warga NU di Ponpes Darussalam Timur, Dusun Watucongol, Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan. Hadir dalam acara tersebut, pengasuh Ponpes Ushuluddin Salaman KH M Mansyur Chadziq, Ketua DPC PDIP Kabupaten Magelang Singgih Sanyoto, Ketua PCNU KH Afifudin Lc, Ketua PC Muslimat NU Noer Istikomah, Ketua PC Fatayat Titik Rahmawati, dan ribuan kiai kampung.

Ganjar mengajak warga NU mengembangkan pertanian organik. Ia juga mengakui partisipasi warga NU dalam memajukan bangsa dan menyejahterakan masyarakat.
”Banyak sumbangsih NU dalam pertanian. Kerja sama NU dan sejumlah pendeta menghasilkan pupuk organik yang bagus. Kami akan undang mereka untuk memberi pemaparan,” kata Ganjar.

Menurut Ganjar, penggunaan pupuk kimia menyebabkan tanah rusak dan tidak subur lagi. Karena itu, ia mengajak warga NU mengembangkan pertanian ramah lingkungan. Menurut dia, agar maju, petani butuh pendampingan penyuluh pertanian. Jika terpilih menjadi gubernur, Ganjar ingin setiap desa memiliki satu penyuluh pertanian.

”Satu desa harus punya satu penyuluh. Mereka tidak sekadar penyuluh, namun terlibat langsung dalam pertanian masyarakat. Penyuluh harus didiklat,” jelasnya.

Mandiri

Ia mengatakan lebih lanjut, untuk memajukan petani di Jawa Tengah diperlukan jaminan ketersediaan air dan pupuk serta pemasaran hasil panen. ”Seperti kata Bung Karno, kita harus mandiri dalam bidang ekonomi,” tegasnya.

Menurut Ganjar, dirinya mempunyai kedekatan kultural dengan NU. Salah satu contoh, mertuanya merupakan tokoh NU di Purbalingga. ”Saya juga sudah sowan kepada tokoh-tokoh NU. Ini saran Pak Adnan (Ketua PWNU Jateng Moh Adnan),” kata dia.

Ketua PCNU Kabupaten Magelang KH Afifudin Lc mengapresiasi langkah Ganjar mendekati nahdliyyin di Magelang. Apalagi, Ganjar merupakan cagub yang memiliki nasaf (keturunan) NU. Ia mempersilakan warga NU memilih cagub terbaik sesuai keyakinan masing-masing. Dalam acara itu, sejumlah kiai kampung menanyakan nomor urut Ganjar dalam pilgub agar kelak tidak salah pilih. (H66-59)

Sumber: http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2013/04/22/222517/Ganjar-Mujahadah-Bareng-Kiai-Kampung-