JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai memverifikasi harta kekayaan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Tengah 2013-2018, Senin (22/4/2013). Hari ini, petugas KPK mendatangi kediaman dua calon gubernur dan dua calon wakil gubernur untuk mengecek kebenaran daftar kekayaan yang sebelumnya dilaporkan para calon kepada KPK.

“KPK akan melakukan klarifikasi dan verifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada cagub dan cawagub Provinsi Jawa Tengah,” kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha melalui siaran pers yang diterima wartawan, Senin.

Adapun cagub yang akan diverifikasi hartanya hari ini adalah Bibit Waluyo dan Ganjar Pranowo. Petugas KPK akan mendatangi kediaman Bibit yang beralamat di Jalan Kyai Mojo Nomor 35, Cacaban, Magelang, Jawa Tengah. Sementara rumah Ganjar beralamat di Cluster Montreal, Blok YC 2 Nomor 22, Kota Wisata Cibubur, Jakarta Timur.

Selain itu, petugas KPK akan menyambangi kediaman dua cawagub lainnya, yakni Sudijono Sastroatmodjo di Jalan Kendeng Barat II Nomor 44 Sampangan, Gajah Mungkur, Semarang, serta kediaman Heru Sudjatmoko di Jalan Pasukan Pelajar Imam RT 001/02, Purbalingga Wetan, Purbalingga.

Menurut Priharsa, verifikasi ini dilakukan guna mendorong transparansi para cagub dan cawagub. Hasil verifikasi harta tersebut akan diteruskan KPK kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat.

Verifikasi harta cagub dan cawagub oleh KPK bukan kali ini saja dilakukan. Sebelumnya, KPK memverifikasi harta cagub dan cawagub daerah lain seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Sumatera Utara, dan Bali.

Sumber: http://regional.kompas.com/read/2013/04/22/11420278/KPK.Verifikasi.Harta.Ganjar.dan.Bibit.Waluyo