SOLO — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo mewaspadai strategi pemenangan Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmodjo di Kota Bengawan.

Minimnya atribut kampanye Bibit-Sudijono di Solo menjadi sorotan kubu Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko.

Sekretaris DPC PDIP Solo, Teguh Prakosa, mengakui hal itu menjadi pembahasan di internal PDIP selaku partai pengusung Ganjar-Heru. ”Itu jadi pertanyaan di internal partai sampai saat ini kenapa belum memasang tanda gambar,” jelasnya, Senin (22/4/2013).

Disampaikannya sampai saat ini pihaknya belum mengetahui ihwal atribut kampanye Bibit-Sudijono yang masih minim. Bisa jadi, tim pemenangan Bibit memiliki strategi lain guna mendulang suara di Kota Solo saat Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2013. ”Strateginya seperti apa? Apa ada strategi yang lain? Ini yang menjadi pertanyaan dari kami,” terangnya.

Meski demikian, pihaknya sudah menyusun sejumlah langkah strategis untuk memenangkan Ganjar-Heru di Kota Solo. Salah satu yang bakal dilakukan yakni mendekati warga yang masih memiliki pola pikir tradisional. ”Jadi bagaimana caranya agar orang-orang tradisional itu mengingat sosok gubernur yang lain,” jelas dia.

Soal pernyataan Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri, terkait dugaan pengarahan bintara pembina masyarakat (babinsa), Teguh menegaskan pihaknya secara intensif mengawasi pergerakan para babinsa.

”Kami sering berkomunikasi dengan babinsa. Untuk menjaga agar tidak ada pergerakan pengarahan itu,” urainya.

Sementara itu, Penasihat Tim Pemenangan Bibit-Sudijono Wilayah Solo, Umar Haysim, menjelaskan guna pemenangan calon yang diusungnya tak perlu dengan memasang atribut kampanye di banyak tempat.

”Pemasangan itu ada waktunya sendiri. Nanti saya rasa juga tak sesemarak atribut-atribut yang lain. Kami tidak terlalu mengandalkan atribut,” jelasnya.

Umar menambahkan Bibit memiliki pertimbangan tersendiri soal pemasangan atribut kampanye di berbagai daerah. ”Beliau pasti membaca per daerah harus seperti apa, strateginya tentu berbeda-beda. Strategi yang diterapkan di Solo kemungkinan bisa menyentuh,” ungkapnya. (JIBI/Solopos/Taufiq Sidik Prakoso/dba)

Sumber: http://www.bisnis-jateng.com/index.php/2013/04/pilgub-jateng-kubu-ganjar-waspadai-strategi-bibit/