Nama Lengkap : Ganjar Pranowo Alias : No Alias Agama : Islam Tempat Lahir : Karang Anyar Tanggal Lahir : Senin, 28 Oktober 1968 Zodiac : Scorpion Warga Negara : Indonesia

Istri : Siti Atikoh Supriyanti BIOGRAFI Lahir di Karang Anyar, 28 Oktober 1968, Ganjar Pranowo SH dikenal sebagai sosok yang cerdas, percaya diri, dan pintar bicara. Pria lulusan Universitas Gajah Mada yang aktif berorganisasi sejak mahasiswa tahun 1992 ini sebelumnya adalah anggota Partai Demokrasi Indonesia (PDI) di zaman Orde Baru. Namun, setelah Suryadi memimpin dan menyingkirkan Megawati Sukarnoputri, ia memutuskan untuk keluar dari partai berlambang banteng tersebut.

Ganjar lantas serius menerjuni bisnisnya sebagai konsultan sumber daya manusia. Di samping itu, ia juga banyak belajar dari ikon-ikon politik tanah air termasuk Megawati dan Soetardjo Serjogoeritno, yang kian mempertajam kemampuan intelektualnya.

Dari situ suami Siti Atikoh Supriyanti yang hobi mendengarkan rock semacam Dream Theater, Metallica, dan Led Zeppelin untuk menghilangkan stres ini semakin mantap untuk bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) bersama Megawati. Ia bahkan melakukan pelantikan untuk kader PDI-P di awal 2003, sebelum akhirnya menjadi kandidat dalam pemilu legislatif di tahun 2004 dari daerah pemilihan Jawa Tengah 7.

Sayangnya, Ganjar kalah tipis. Namun setelah kandidat di atasnya terpilih sebagai duta besar, ia pun menggantikan posisi tersebut dan duduk di bangku DPR RI Komisi IV.

Kegigihan dan keberanian untuk bersuara menjadikan reputasinya meningkat di kancah politik. Pria yang dulunya bersekolah di SD dan SMP Kutoarjo Jawa Tengah dan menghabiskan masa SMA di BOPKRI Yogyakarta ini dinilai sebagai politikus yang berprinsip. Ia pun terpilih lagi dalam pemilu tahun 2009 dan dipercaya menduduki jabatan Wakil Ketua Komisi II untuk urusan dalam negeri hingga 2014 nanti, serta panitia angket pengusutan kasus Bank Century.

September 2012, kepercayaan diri ayah satu anak yang juga aktif menekuni pekerjaan lainnya baik di kantor hukum dan bisnis seperti di PT Prastawana Karya Samitra dan PT Semeru Realindo Inti ini makin tinggi. Politisi yang ikut merampungkan Undang Undang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta itu memutuskan untuk maju dalam ajang Pemilihan Gubernur Jawa Tengah dengan dukungan jajaran Dewan Pimpinan Daerah PDI-P Jawa Tengah.

Ganjar merasa optimis bisa menang dalam sistem pemilihan langsung, meskipun Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih yang akan menjadi lawannya yang akan memimpin salah satu provinsi berpenduduk terpadat di Indonesia tersebut.

Riset dan Analisa: Yunita Rachmawati

PENDIDIKAN SD Kutoarjo, Jawa Tengah. SMP 1 Kutoarjo, Jawa Tengah. SMA BOPKRI, Yogyakarta. SMA BOPKRI, Yogyakarta. Fakultas Hukum UGM, Yogyakarta. KARIR Konsultan SDM PT Prastawana Karya Samitra. Anggota DPR RI Komisi II (2009 – 2014)

PENGALAMAN/JABATAN PADA ORGANISASI 1. Badiklatpus PDI Perjuangan 2. PAPPUSAT PDI Perjuangan 3. Mapala FH UGM 4. Majalah Mahasiswa Mahkamah KAGAMA (Keluarga Alumni Gajah Mada) 5. Pramuka

KEANGGOTAAN/JABATAN DI DPR 1. Komisi IV 2. Fraksi PDIP 3. Badan Kerja Sama Antar Parlemen

JUMLAH KEKAYAAN PADA SAAT PENCALONAN 1. Tanah dan Bangunan Rp170.000.000 2. Harta Bergerak 1 Mobil, 1 Motor Rp52.500.000 3. Batu dan Logam Mulia Rp4.721.750 4. Giro dan Kas Setara lain Rp58.961.142 Total Kekayaan Rp. 286.182.892

20130425-133245.jpg